SIG Dukung Asta Cita Presiden melalui Pemanfaatan Teknologi AI dalam Komunikasi

Jakarta, MercuryFM – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) mendukung penuh inisiatif Kementerian BUMN untuk mewujudkan Asta Cita Presiden Prabowo melalui pemanfaatan teknologi komunikasi berbasis Artificial Intelligence (AI). Dukungan ini diwujudkan dengan partisipasi aktif dalam workshop bertajuk “Navigating the Future of Social Media with AI Technology” yang diselenggarakan pada 3-4 Januari 2025 di Kota Padang.

Workshop yang diinisiasi oleh Menteri BUMN Erick Thohir ini bertujuan meningkatkan kompetensi komunikasi karyawan BUMN dalam pemanfaatan teknologi digital dan AI. Sebanyak lebih dari 100 peserta dari berbagai BUMN antusias mengikuti rangkaian acara yang menggali tren terkini media sosial dan penerapan AI dalam komunikasi.

Pemanfaatan Teknologi untuk Meningkatkan Narasi dan Efisiensi
Staff Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga, menekankan pentingnya pemanfaatan teknologi untuk mendukung program pemerintah. “AI memudahkan kita bekerja lebih cepat dan efisien. Dengan memanfaatkan teknologi ini, diharapkan seluruh BUMN dapat mengoptimalkan narasi program pemerintah untuk mendukung pembangunan berkelanjutan,” ujar Arya.

Ia juga menambahkan, komunikasi yang efektif melalui media sosial menjadi salah satu kunci memperkuat citra BUMN dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional. “Kita harus cermat membangun kampanye yang strategis untuk mendorong kemajuan BUMN,” katanya.

SIG dan Komitmen Adaptasi Teknologi
SIG, sebagai perusahaan solusi bahan bangunan yang adaptif terhadap perkembangan teknologi, mengirimkan tujuh perwakilan dalam workshop ini. Corporate Secretary SIG, Vita Mahreyni, menyampaikan apresiasinya kepada Kementerian BUMN atas inisiatif tersebut.

“Teknologi AI memiliki potensi besar dalam mendukung komunikasi strategis, baik untuk memperkuat citra perusahaan maupun mengoptimalkan pemasaran melalui saluran digital. Kami berharap workshop ini dapat meningkatkan kompetensi karyawan SIG dalam menyampaikan pesan yang berdampak positif,” ujar Vita.

Rangkaian Acara Workshop
Bertempat di The ZHM Premiere, workshop ini menghadirkan berbagai sesi, termasuk:

• Sharing session oleh Danang Prakoso dari Mediatics Digital Indonesia tentang peran AI dalam mengubah cara content creator berinteraksi dengan audiens.

• Presentasi dari Siti Nur Aisyah dan Vira Enjella tentang strategi meningkatkan engagement dan manajemen SDM melalui BRI Creator Hub.

Kegiatan ini juga melibatkan kunjungan ke aset pembangkit milik PLN Indonesia Power UBP Teluk Sirih, yang memperkenalkan inovasi co-firing untuk transisi energi hijau, pemanfaatan FABA untuk pemberdayaan ekonomi rakyat, hingga peran pembangkit dalam mendukung ketersediaan listrik bagi layanan gizi masyarakat.

Apresiasi dan Penghargaan
Workshop ditutup dengan pemberian penghargaan kepada peserta terbaik. Muhammad Ikbal dari Pelindo meraih juara kategori Individual Content, sementara Kelompok 4 dinobatkan sebagai juara kategori Group Content.

Kegiatan ini menjadi bukti nyata sinergi BUMN dalam memanfaatkan teknologi modern untuk mendukung Asta Cita Presiden dan pembangunan Indonesia yang berkelanjutan.(dan) 

 

Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

Visual Radio

Add New Playlist