Surabaya, MercuryFM – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya mencatatkan kinerja gemilang sepanjang 2024 dengan melayani 5.864.312 penumpang, meningkat 6,9% dibandingkan tahun sebelumnya.
Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, menjelaskan bahwa peningkatan jumlah penumpang selama tiga tahun terakhir menunjukkan tren positif. Pada 2022, KAI Daop 8 melayani 4.150.266 penumpang, meningkat menjadi 5.482.291 pada 2023, dan mencapai 5.864.312 pada 2024.
“Peningkatan ini mencerminkan kesadaran masyarakat terhadap manfaat kereta api sebagai moda transportasi yang ramah lingkungan, efisien, serta nyaman,” ujar Luqman, Minggu (12/1/2025)
Selain itu, faktor ketepatan waktu juga menjadi daya tarik utama bagi pelanggan. “Kami terus meningkatkan keandalan prasarana, seperti mengganti bantalan kayu dengan bantalan sintetis yang lebih tahan lama dan mendukung on time performance (OTP) yang lebih baik,” tambahnya.
Kinerja OTP keberangkatan KAI Daop 8 pada 2024 mencapai rata-rata 99,10%, meningkat dibandingkan 99% pada 2023. Sementara itu, OTP kedatangan stabil di angka 88% selama dua tahun berturut-turut.
Menurut Luqman, konsistensi ini menjadi salah satu alasan utama mengapa masyarakat semakin memilih kereta api. “Kami berkomitmen memberikan layanan yang aman, cepat, tepat waktu, dan nyaman bagi penumpang,” katanya.
Sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan, KAI Daop 8 akan terus menghadirkan inovasi dan peningkatan fasilitas pada 2025.
“Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat yang terus menggunakan layanan kereta api. Ke depan, kami akan memastikan pengalaman perjalanan yang lebih baik, dengan pelayanan yang semakin optimal demi kepuasan pelanggan,” pungkas Luqman Arif. (dan)