Surabaya, MercuryFM — PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya mencatat keberhasilan melayani 750.380 pelanggan selama periode angkutan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru) yang berlangsung dari 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025. Jumlah ini terdiri atas 389.933 pelanggan yang berangkat dan 360.447 pelanggan yang tiba di wilayah Daop 8 Surabaya.
Dibandingkan masa Nataru 2023/2024, terdapat peningkatan 3.950 pelanggan atau sekitar 1 persen dari 386.909 pelanggan yang berangkat tahun lalu. “Kami mengucapkan terima kasih kepada pelanggan yang telah mempercayakan kereta api sebagai moda transportasi selama masa Nataru 2024/2025,” ujar Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, Senin (6/1/2025).
Tujuan favorit para pelanggan selama libur Nataru meliputi kota-kota seperti Semarang, Jakarta, Yogyakarta, Bandung, dan Banyuwangi. Beberapa kereta api jarak jauh yang menjadi pilihan utama adalah:
• KA Sancaka (Surabaya Gubeng – Yogyakarta): 30.992 pelanggan
• KA Ambarawa Ekspres (Surabaya Pasarturi – Semarang Poncol): 29.680 pelanggan
• KA Airlangga (Surabaya Pasarturi – Pasarsenen): 17.719 pelanggan
• KA Pasundan (Surabaya Gubeng – Kiaracondong): 13.852 pelanggan
• KA Jayabaya (Malang – Pasarsenen): 13.129 pelanggan
• KA Probowangi (Surabaya Gubeng – Ketapang): 11.968 pelanggan
• KA Tawangalun (Malang Kotalama – Ketapang): 9.919 pelanggan
Stasiun Surabaya Gubeng menjadi yang paling banyak melayani penumpang selama periode ini:
• Berangkat: 118.913 pelanggan
• Tiba: 113.975 pelanggan
Diikuti oleh:
• Stasiun Surabaya Pasarturi: 108.395 berangkat, 98.706 tiba
• Stasiun Malang: 73.406 berangkat, 60.500 tiba
Menurut Luqman, keberhasilan operasional selama Nataru tidak terlepas dari dukungan KA tambahan serta kerja keras seluruh tim Daop 8 Surabaya. “Kami terus menjaga kualitas pelayanan dengan mengutamakan keselamatan, ketepatan waktu, dan kenyamanan pelanggan,” jelasnya.
KAI juga berterima kasih kepada para stakeholder yang membantu menjaga keamanan dan kelancaran perjalanan. Ke depan, KAI Daop 8 Surabaya berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan demi kenyamanan dan kepuasan pelanggan.
“Semoga kepercayaan masyarakat terhadap transportasi kereta api terus meningkat, dan kami akan selalu memberikan yang terbaik,” tutup Luqman.(dan)