Penetrasi asuransi kendaraan masih rendah, Asuransi Astra terus edukasi dan tingkatkan literasi pentingnya asuransi kendaraan bermotor

Surabaya, MercuryFM – Selama ini asuransi kendaraan bermotor lebih banyak digunakan oleh mereka yang melakukan pembelian secara kredit. Dan terkait edukasi ke masyarakat tentang pentingnya memiliki asuransi kendaraan bermotor menjadi masih sangat rendah.

Regional Head Jatim Intim Asuransi Astra Muliawansyah mengatakan data di OJK menunjukkan penetrasi asuransi kendaraan bermotor masih di bawah 10 persen. ”Lebih banyak sekarang ini memang untuk pembelian kendaraan secara kredit. Namun yang beli cash juga mulai meningkat pemahamannnya untuk memiliki asuransi dengan banyaknya edukasi dan informasi tentang bagaimana kerugian jika mengalami kecelakaan tanpa asuransi,” kata Muliawansyah saat Astra Financial Talk GIIAS Surabaya 2023 di Surabaya, Sabtu (23/9/2023).

Edukasi dilakukan melalui berbagai channel, termasuk di antaranya ke sekolah-sekolah khususnya SMK.

Muliawansyah menuturkan, kinerja Asuransi Astra sepanjang tahun 2023 menunjukkan pertumbuhan positif. ”Di tahun ini kami ada kenaikan sebesar 24 persen dibandingkan tahun lalu dan berharap bisa ditutup di angka Rp 6.23 Triliun,” ujarnya.

Di Jatim sendiri pertumbuhannya mampu melampaui nasional atau mencapai 27 persen. Sedangkan untuk kontribusi sebesar 18 persen.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa Asuransi Astra adalah asuransi kerugian. Tidak hanya untuk kendaraan bermotor tapia da juga asuransi komersial seperti untuk pabrik, kargo, kebakaran, pertambangan, asuransi properti ruko dan lain-lain. Dari keseluruhan total market, asuransi kendaraan bermotor berkontribusi sebesar 45 persen.

Selain Asuransi Astra, lini bisnis Astra lainnya di sektor asuransi adalah Astra Life. Astra Life telah mengalami pertumbuhan luar biasa dengan jumlah tertanggung mencapai 3,77 juta orang, meningkat sembilan kali lipat sejak pertama kali berdiri pada tahun 2014.

Public Relations & CSR Manager Astra Life Denny Tan mengatakan Astra Life telah mencatat pertumbuhan yang signifikan dalam waktu kurang dari 10 tahun sejak berdiri pada tahun 2014, dengan jumlah tertanggung mencapai 3,77 juta orang. Astra Life juga menunjukkan pertumbuhan positif dalam indikator seperti Gross Written Premium (GWP) dan total aset.

Sementara itu, Astra Life menyajikan penawaran menarik bagi nasabah asuransi individu dalam GIIAS Surabaya 2023, termasuk cashback hingga 66 persen dari premi pertama untuk pembelian asuransi Flexi. Mereka juga menawarkan special reward untuk produk ASLI Proteksi Andalan dan ASLI Asya Proteksi Syariah.

Selain fokus pada bisnis, Astra Life juga aktif dalam kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (ESG) dengan berbagai program yang mendukung masyarakat dan lingkungan sekitar. Melalui pencapaian, kinerja, dan kontribusi mereka, Astra Life berusaha menjadi perusahaan asuransi jiwa yang dicintai oleh masyarakat Indonesia dan menjadi Life Insurer of The Future. (dan)  

Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

ADVERTISEMENT

Visual Radio