Surabaya, MercuryFM – Di ulang tahun ke-58, Telkom Indonesia memperkenalkan Indibiz. Ini adalah sebagai ekosistem solusi digital dunia usaha Indonesia. Melalui Indibiz, emiten berkode saham TLKM itu semakin fokus menggarap segmen business to business (B2B), khususnya sektor unit usaha di berbagai daerah di Indonesia. Indibiz diharapkan menjadi salah satu andalan Telkom di Pasar B2B dan UKM setelah Indihome diserahkan pengelolaannya kepada Telkomsel, anak usaha Telkom.
Dan untuk mengenalkan produk terbarunya Telkom yakni Indibiz dikenalkan dalam kegiatan Digiland di Jakarta beberapa waktu lalu dan Surabaya, Minggu 23 Juli 2023. Menarikya dari 30 both tenant UKM yang jualan di venue, 28 diantaranya sudah menggunakan platform solusi Indibiz sehingga pembeli bisa merasakan langsung manfaatnya.
Indibiz menawarkan empat pilar solusi. Yakni solusi platform dan layanan digital, kolaborasi dengan start up dan para developer yang fokus untuk solusi kemajuan UKM, kolaborasi solusi pembiayaan dengan lembaga keuangan serta kolaborasi bersama komunitas dunia usaha untuk meningkatkan produktivitas bisnis.
Untuk solusi pembayaran ada Indibiz Pay, solusi digital untuk proses pembayaran. Lalu solusi digital untuk ekosistem pendidikan ada Pijar. Solusi monitor jaringan yang komprehensif untuk semua pelaku usaha seperti produk Netmonk, Layanan Satu dan TEMS MDM.
Ada juga Logee, solusi digital untuk sektor logistik. Agree, platform digital untuk bidang pertanian. Kuncie, platform digital untuk belajar bisnis dan ratusan produk digital lain yang juga didukung konektivitas dari Telkom, solusi digital untuk industri perhotelan melalui produk IOT Envion.
Segmen UKM bukan hal yang baru bagi TLKM, tetapi selama ini pihaknya belum fokus mengembangkan pasar UKM. Selama ini B2B TLKM fokus ke enterprise dan governance. Setelah penggabungan IndiHome ke Telkomsel ini, fokus Telkom menggarap pasar UKM. Saat ini Telkom sudah melayani 400.000 UMKM. Dengan Indibiz diharapkan bisa lebih maksimal lagi.
Executive Vice President Telkom Regional V Jatim Bali Nusra, Teddy Hartadi mengatakan melalui event DigiLand Telkom memberikan komitmen yg kuat kepada dunia usaha utk bersama memajukan masa depan Indonesia
“Telkom Regional V JBN berkomitmen membangun digitalisasi ekosistem dunia usaha SME dengan mensukseskan IndiBiz sebagai solusi koneksi internet supercepat yg memiliki banyak aplikasi yg sangat mendukung dunia usaha.”
OSM Regional Business Marketing Telkom Indonesia, Afifudin mengatakan “Ekosistem solusi dunia usaha Indibiz diharapkan mampu mempercepat proses digital bisnis, meningkatkan produktivitas kerja, memperluas akses pasar di tingkat global yang mempermudah pelaku usaha lebih inovatif membesarkan unit usaha yang ditekuni,” jelasnya.
Telkom Regional V JBN berkomitmen membangun digitalisasi ekosistem dunia usaha SME dengan mensukseskan IndiBiz sebagai solusi koneksi internet supercepat yg memiliki banyak aplikasi yg sangat mendukung dunia usaha
Bersama pelaku usaha yang jumlahnya mencapai 64 juta unit usaha di Indonesia, Indibiz bersiap membawa bisnis go digital go global melalui empat pilar solusi. Pertama, solusi platform dan layanan digital. Kedua, kolaborasi dengan start up dan para developer yang fokus untuk solusi kemajuan UKM. Ketiga, kolaborasi solusi pembiayaan dengan lembaga keuangan. Dan pilar keempat kolaborasi bersama komunitas dunia usaha untuk meningkatkan produktivitas bisnis.(dan)