Tahun 2022 tren klaim kesehatan secara industri dan penyakit kritis meningkat

Jakarta, MercuryFM – Sebagai bagian dari salah satu penyedia asuransi terbesar di dunia, PT. Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) terus membuktikan komitmennya dalam menjalankan nilai Deliver on The Promise melalui pembayaran klaim.

Sepanjang tahun 2022, Generali Indonesia telah memenuhi pembayaran komitmen sebanyak lebih dari 326 ribu klaim dengan nilai total Rp903,7 miliar. Dari total nilai klaim Generali Indonesia tersebut, kendati secara keseluruhan nilai klaim mengalami penurunan sebesar 13 persen, klaim kesehatan mengalami peningkatan sebesar 62% dan begitu pun jumlah pembayaran klaim penyakit kritis mengalami peningkatan sebesar 78 persen, dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Tren kesehatan di Generali Indonesia ini, sejalan dengan tren klaim kesehatan secara industri yang meningkat
pada kuartal ketiga tahun 2022.

Walaupun Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) secara resmi tidak diberlakukan dan
angka kasus infeksi COVID-19 saat ini sudah cenderung menurun, risiko kesehatan dan penyakit kritis tetap
perlu diwaspadai dan diantisipasi.

Melansir hasil data World Health Assembly, 73% kematian di Indonesia
disebabkan oleh kelompok penyakit seperti hipertensi, jantung, diabetes, stroke dan kanker. Tren klaim dan
tren kesehatan yang ada menunjukkan fakta, bahwa masyarakat masih sangat membutuhkan asuransi jiwa dan kesehatan untuk melindungi dan diri dan keluarga dari risiko finansial yang rentan terjadi.

Publikasi angka klaim sepanjang tahun 2022 ini dilakukan pada Rabu (25/1/2023), oleh manajemen Generali Indonesia yang diwakili oleh Jutany Japit selaku Direktur & Chief Operation Officer, bersama Sastradinata, selaku Chief Agency Officer, dan Netty Chan, selaku Corporate Solutions Group Head.

Jutany mengatakan, pembayaran klaim sepanjang tahun 2022 merupakan bukti nyata bahwa Generali Indonesia menjadi lifetime partner yang selalu mendampingi nasabah di berbagai kondisi, khususnya pada saat situasi sulit.

“Memahami kebutuhan yang terus berkembang dan guna meningkatkan kemudahan, kami terus berinovasi di berbagai aspek termasuk dari sisi ragam manfaat asuransi kesehatan maupun dari sisi layanan dan klaim. Di mana kami terus mengoptimalkan teknologi dan di waktu yang sama tetap memperhatikan human touch kepada nasabah,” kata Jutany.

Inovasi yang dihadirkan Generali Indonesia selain untuk membantu nasabah menghadapi tantangan di saat
ini, juga dirancang dapat mengantisipasi tantangan di masa mendatang,” imbuhnya.

Secara end-to-end, kata Jutany, pihaknya sudah menghadirkan customer journey secara digital, yaitu dari mulai pengajuan polis, penerbitan polis, hingga proses layanan pasca pembelian seperti klaim dan transaksi.

Inovasi-inovasi yang telah dihadirkan antara lain: aplikasi iPropose untuk konsultasi pengajuan polis. Aplikasi Gen iClick untuk mengakses informasi, transaksi, mengajukan klaim secara online. Fasilitas ini bahkan juga memberikan akses kesehatan tentang faskes terdekat, telemedicine dan online pharmacy, serta berbagai fitur-fitur lainnya dengan layanan nonstop 24 jam.

Generali Indonesia juga terus fokus dalam menjangkau berbagai segmen melalui multikanal distribusi yang dimiliki yaitu kanal keagenan, direct channel dengan menghadirkan asuransi online, dan partnership distribution, yang ketiganya berfokus pada proteksi komprehensif untuk nasabah individual.

Selain itu, Generali Indonesia juga memiliki layanan kesehatan untuk karyawan perusahaan atau asuransi kumpulan dengan perlindungan menyeluruh dan lengkap, seperti rawat jalan, rawat inap, perlindungan jiwa, kecelakaan, kacamata dan perawatan gigi, kehamilan, vaksinasi, medical check up, hingga persiapan dana pensiun.

Tak hanya itu, fitur discharge rumah sakit lebih cepat dan VIP Concierge
Services juga tersedia bagi perusahaan yang ingin memberikan perlindungan untuk karyawannya melalui
kanal Corporate Solution Generali. (dan)

Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

Visual Radio

Add New Playlist