Sebanyak 205 Ribu Penumpang Nikmati Layanan KA Saat Libur Panjang Isra’ Mi’raj dan Imlek

Surabaya, MercuryFM– Selama periode libur panjang Jumat (24/1) hingga Rabu (29/1), PT KAI Daop 8 Surabaya mencatat sebanyak 205.102 penumpang menggunakan layanan kereta api untuk menikmati liburan yang bertepatan dengan peringatan Isra’ Mi’raj dan Tahun Baru Imlek. Angka tersebut berdasarkan data hingga Minggu (26/1/2025) pukul 09.00 WIB dan diperkirakan akan terus bertambah.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, menyampaikan bahwa dari jumlah tersebut, sebanyak 102.802 penumpang tercatat berangkat dari stasiun wilayah Daop 8 Surabaya, sedangkan 102.300 penumpang tiba di wilayah tersebut. “Destinasi favorit penumpang meliputi Jakarta, Semarang, Bandung, Yogyakarta, dan Banyuwangi,” jelas Luqman.

Jumlah penumpang tertinggi tercatat pada Jumat (24/1) dan Sabtu (25/1), masing-masing sebanyak 22.955 dan 24.381 penumpang yang berangkat. Berikut rincian jumlah penumpang selama periode liburan:

• Jumat (24/1): Naik 22.955, Turun 18.553

• Sabtu (25/1): Naik 24.381, Turun 21.084

• Minggu (26/1): Naik 17.373, Turun 16.550

• Senin (27/1): Naik 13.054, Turun 15.460

• Selasa (28/1): Naik 12.214, Turun 14.137

• Rabu (29/1): Naik 12.825, Turun 16.516

Pihak KAI mengimbau masyarakat yang ingin bepergian dengan kereta api untuk segera memesan tiket melalui aplikasi Access by KAI atau kanal penjualan resmi lainnya.

KAI Daop 8 Surabaya juga memberikan informasi terkait dampak banjir di wilayah Grobogan, yang mengganggu perjalanan kereta api pada petak jalan antara Stasiun Gubug dan Stasiun Karangjati (Daop 4 Semarang).

Luqman Arif menjelaskan, mulai Minggu (26/1), sebanyak 14 perjalanan KA keberangkatan maupun kedatangan Stasiun Surabaya Pasar Turi mengalami perubahan rute melalui jalur alternatif:

• Surabaya Pasar Turi – Gambringan – Gundih – Brumbung – Semarang, atau

• Surabaya Pasar Turi – Solo Jebres – Gundih – Brumbung.

Perubahan pola operasi ini berdampak pada penambahan jarak, waktu tempuh, dan potensi keterlambatan hingga 90-120 menit. Sebagai kompensasi, KAI memberikan service recovery kepada penumpang sesuai Permenhub Nomor PM 63 Tahun 2019.

Bagi penumpang yang membatalkan perjalanan, pengembalian biaya tiket (refund) sebesar 100% dapat dilakukan di stasiun pelayanan tiket terdekat. Hingga saat ini, tercatat 1.804 penumpang telah membatalkan perjalanan dengan rincian sebagai berikut:

• Stasiun Surabaya Pasar Turi: 690 penumpang

• Stasiun Bojonegoro: 448 penumpang

• Stasiun Surabaya Gubeng: 289 penumpang

• Stasiun Lamongan: 186 penumpang

• Stasiun lainnya: 191 penumpang.

“Bagi masyarakat yang membutuhkan informasi lebih lanjut, silakan menghubungi Customer Service KAI atau Contact Center 121,” ujar Luqman Arif.

PT KAI Daop 8 Surabaya menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi dan berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan.(dan)

Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

Visual Radio

Add New Playlist