Bogor, MercuryFM – Holding Perkebunan PTPN III (Persero) menggelar rapat kerja (raker) komunikasi yang melibatkan sekretaris perusahaan dan praktisi komunikasi dari seluruh anak perusahaan pada Rabu (22/1/2025) di Bogor. Kegiatan ini merupakan yang pertama setelah transformasi korporasi pada 2023 yang menghasilkan tiga subholding, yaitu PTPN I (SupportingCo), PTPN IV (PalmCo), dan PT Sinergi Gula Nusantara (SugarCo).
“Ini kali pertama kami mengadakan raker sekretaris perusahaan untuk membahas strategi komunikasi ke depan, karena salah satu kunci keberhasilan perusahaan adalah strategi komunikasi,” ujar Misran, Sekretaris Perusahaan Holding Perkebunan PTPN III (Persero), dikutip dalam pernyataan tertulisnya, Jumat (24/1/2025).
Misran menekankan bahwa strategi komunikasi tidak hanya bertujuan membangun citra positif perusahaan, tetapi juga mendukung kebijakan pemerintah yang tercermin dalam Astacita, yakni ketahanan pangan, ketahanan energi, dan hilirisasi. “PTPN bersama subholding-nya, PTPN I, PTPN IV, dan SGN, berkomitmen untuk mengomunikasikan kesiapan kami mendukung Astacita. Salah satu target besar kami adalah swasembada gula pada 2027, swasembada minyak goreng, dan energi baru terbarukan. Dengan satu langkah, satu visi, dan satu gerak, kami berharap PTPN Group dapat menjadi kebanggaan bangsa Indonesia,” tegasnya.
Sinergi dalam Membangun Strategi Komunikasi
Dian Safitri, Tenaga Ahli Menteri BUMN bidang Komunikasi Internal, menyoroti pentingnya sinergi dan soliditas antar-subholding dalam menyampaikan pesan strategis kepada masyarakat.
“Saya senang dapat bersama tim komunikasi PTPN, termasuk SGN, untuk memperkuat sinergi dalam menyampaikan peran penting SGN dalam mencapai swasembada gula nasional pada 2027,” ujar Dian.
Ia menekankan pentingnya kekompakan tim komunikasi dalam menyampaikan proses, pencapaian, dan target besar perusahaan kepada masyarakat. “Ini adalah misi mulia yang harus dikomunikasikan dengan baik agar publik memahami upaya dan dampak yang dicapai,” tambahnya.
Sekretaris Perusahaan SGN, Yunianta, mengungkapkan pentingnya memanfaatkan teknologi artificial intelligence (AI) dalam fungsi komunikasi perusahaan.
“Era digital saat ini berkembang pesat, termasuk AI. Kami memanfaatkan AI untuk mendukung strategi komunikasi kami,” jelasnya.
SGN juga bekerja sama dengan salah satu perguruan tinggi di Surabaya untuk menggunakan analisis big data dalam pengelolaan media sosial. “Hasil analisis tersebut kami gunakan untuk mengoptimalkan pengelolaan media sosial perusahaan,” pungkas Yunianta.
Dengan berbagai langkah strategis ini, PTPN Group berupaya untuk meningkatkan efektivitas komunikasi dan mendukung visi besar perusahaan dalam mencapai swasembada dan keberlanjutan.(dan)