Sebanyak 33 Ribu Penumpang Akhiri Libur Nataru 2024/2025 dengan Kereta Api di Daop 8 Surabaya

Surabaya, MercuryFM – Menjelang berakhirnya masa libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya mencatat sebanyak 33.332 pelanggan menggunakan kereta api untuk kembali ke aktivitas masing-masing. Data tersebut dihimpun hingga Jumat (3/1/2025) pukul 10.00 WIB.

Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, menyebutkan bahwa dari total pelanggan, sebanyak 17.246 penumpang berangkat dari wilayah Daop 8 Surabaya, sementara 16.086 penumpang tiba di wilayah tersebut. “Angka ini masih berpotensi bertambah karena penjualan tiket terus berlangsung,” ujar Luqman.

Rute favorit para penumpang pada periode ini meliputi tujuan ke Semarang, Jakarta, Yogyakarta, Bandung, dan Ketapang.

Selama masa libur Nataru, yaitu dari 19 Desember 2024 hingga 3 Januari 2025, KAI Daop 8 Surabaya telah melayani 345.861 penumpang yang berangkat dari wilayahnya. Hingga 5 Januari 2025, jumlah pemesanan tiket tercatat mencapai 373.970 pelanggan.

“Kami melihat tren kenaikan ini sebagai indikator tingginya minat masyarakat terhadap transportasi kereta api yang aman dan nyaman,” tambah Luqman.

Luqman juga mengungkapkan sejumlah kereta api jarak jauh yang menjadi pilihan utama pelanggan selama libur Nataru 2024/2025, antara lain:

• KA Airlangga: Surabaya Pasarturi – Pasar Senen

• KA Kertajaya: Surabaya Pasarturi – Pasar Senen

• KA Ambarawa Ekspres: Surabaya Pasarturi – Semarang Poncol

• KA Probowangi: Surabaya Gubeng – Ketapang

• KA Pasundan: Surabaya Gubeng – Kiaracondong

• KA Sancaka: Surabaya Gubeng – Yogyakarta

• KA Tawangalun: Malang Kotalama – Ketapang

• KA Malabar: Malang – Bandung

Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan selama periode libur, KAI Daop 8 Surabaya mengoperasikan 54 kereta api jarak jauh. Terdiri atas 46 kereta reguler, 6 kereta tambahan jarak jauh, dan 2 kereta lokal komersial tambahan dengan total kapasitas harian mencapai 30.582 tempat duduk.

“KAI Daop 8 Surabaya berkomitmen untuk memberikan layanan perjalanan yang selamat, aman, dan nyaman bagi seluruh pelanggan, khususnya selama periode libur Nataru,” tutup Luqman.(dan)

Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

Visual Radio

Add New Playlist