Bandung, MercuryFM – Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo memastikan seluruh infrastruktur Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Provinsi Jawa Barat siap melayani masyarakat selama perayaan Natal 2024 dan Tahun Baru (Nataru) 2025. Hal ini disampaikan dalam rangkaian inspeksi SPKLU Trans Jawa, termasuk kunjungannya ke One Stop EV Charging Station di Jalan Surapati, Bandung, pada Rabu (25/12/2024).
Darmawan mengungkapkan bahwa PLN telah menyiagakan 312 unit SPKLU yang tersebar di 214 titik di 26 kota/kabupaten di Jawa Barat, lengkap dengan dukungan 474 personel yang bekerja secara bergantian selama 24 jam.
“Khusus Jawa Barat, kami telah menambah jumlah SPKLU menjadi 312 unit yang tersebar di seluruh kabupaten/kota, termasuk wilayah pantai selatan seperti Tasikmalaya, Cianjur, dan Sukabumi,” ujar Darmawan.
Di Bandung, PLN menyediakan fasilitas One Stop EV Charging Station yang dilengkapi dengan dua unit SPKLU ultra fast charging, tiga unit SPKLU medium charging, dan satu unit SPKLU untuk kendaraan roda dua. Lokasinya yang strategis juga dilengkapi dengan kafe dan area parkir luas.
“SPKLU Surapati sangat strategis. Selain lengkap untuk kendaraan roda dua maupun empat, fasilitas ini juga mendukung kenyamanan pengguna,” tambah Darmawan.
PLN memprediksi lonjakan pengguna kendaraan listrik selama Nataru 2024-2025 di ruas tol Trans Jawa dan Sumatra mencapai 2,5 hingga 3 kali lipat dibanding tahun sebelumnya. Untuk itu, kapasitas SPKLU di sepanjang tol telah ditingkatkan delapan kali lipat, dari 64 unit menjadi 500 unit.
“Sampai tadi malam, jumlah transaksi di SPKLU meningkat 4,5 kali lipat dibandingkan tahun lalu. Kami memastikan semua sistem SPKLU berjalan optimal,” jelasnya.
Secara nasional, jumlah SPKLU juga ditingkatkan dari 1.000 unit pada 2023 menjadi lebih dari 3.069 unit yang tersebar di 2.096 titik. Sebanyak 6.000 personel PLN akan siaga 24 jam untuk mendukung operasional ini.
Untuk mempermudah perjalanan pengguna EV, PLN menyediakan fitur Trip Planner melalui aplikasi PLN Mobile. Fitur ini memberikan informasi lokasi SPKLU, jarak tempuh, serta kebutuhan pengisian daya.
“Kami mengajak pengguna kendaraan listrik memanfaatkan Trip Planner agar perjalanan lebih terencana. Dari awal hingga tujuan akhir, pengendara bisa mengetahui lokasi SPKLU dengan mudah,” ujar Darmawan.
Selain itu, PLN juga menyediakan hotline khusus bagi pengguna kendaraan listrik selama perjalanan mudik atau libur Nataru.
“Jika ada kendala, kami siap membantu melalui layanan call center 24 jam di nomor 0877-7111-2123,” pungkas Darmawan.
Dengan berbagai fasilitas dan layanan yang disiapkan, PLN berharap pengguna kendaraan listrik dapat menikmati perjalanan Nataru dengan lancar dan nyaman.(dan)