Surabaya, MercuryFM – Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi, UPN “Veteran” Jawa Timur, membawa momen spesial bagi masyarakat RT 16 / RW 14, Kelurahan Tanah Kali Kedinding, Kecamatan Kenjeran, Surabaya, melalui kegiatan sosialisasi “Media Sosial Untuk Personal Branding” sebagai sarana bagi anggota Karang Taruna dan warga setempat untuk memahami secara praktis penggunaan media sosial dalam membangun citra diri.
Para mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur memberikan materi sosialisasi pada Minggu(03/12/23) yang melibatkan langkah-langkah praktis dan implementasi konsep personal branding melalui media sosial dengan menekankan nilai-nilai positif yang seharusnya dijunjung tinggi dalam membangun personal branding, seperti bijak dalam bermedia sosial.
Kemudian, peserta dibagi ke dalam kelompok kecil untuk merasakan langsung proses membangun personal branding melalui media sosial. Mereka berkolaborasi menciptakan konten yang tidak hanya kreatif secara visual, tetapi juga mencerminkan kepribadian unik masing-masing individu.
Inspirasi semakin mendalam melalui sesi sharing session dimanfaatkan oleh anggota karang taruna untuk mengonsultasikan langkah membangun personal branding melalui media sosial yang dimiliki dan mahasiswa memberikan arahan secara personal atas problematika yang dimiliki oleh masing-masing anggota karang taruna. Tidak hanya itu, mahasiswa juga mengajak anggota secara langsung untuk mengimplementasikan pembahasan yang sudah dipaparkan secara praktik.
“Kegiatan seperti ini yang perlu diperbanyak di zaman sekarang, karena ini zaman semua serba teknologi, jadi sedini mungkin anak-anak muda harus paham cara-cara bijak dalam kelola internet.” ucap Andik Sugiarto selaku pendamping karang taruna setempat.
“Kesimpulan yang aku dapat dari kegiatan tadi ternyata personal branding itu berhubungan sama jejak digital. Apa yang kita lakukan di media sosial menjadi gambaran diri kita kepada banyak orang disitu, kalau kita lihatin yang buruk, kita jadi dianggap buruk juga, tapi kalau kita lihatin yang bagus, pasti kita dianggap baik sama orang banyak.” ujar Lola sebagai salah satu peserta sosialisasi.
Dengan demikian, kegiatan sosialisasi “Media Sosial Untuk Personal Branding” bukan hanya menjadi pembelajaran, tetapi juga sebuah peristiwa yang membangun hubungan yang kuat antara perguruan tinggi dan masyarakat. Harapannya, jejak positif ini akan terus membawa dampak positif dalam perjalanan pribadi dan profesional para peserta di masa depan. (tnia/stph/fia/ysnt/imld)