PertaLife Insurance pacu penambahan nasabah retail

Surabaya, MercuryFM – Tahun 2023 ini Perusahaan asuransi PT PertaLife Insurance berupaya menambah dan memperbesar porsi nasabah dari retail. Karena selama ini pasar captive lebih mendominasi, diharapkan nantinya komposisi dari dua market nasabah bisa lebih seimbang.

”Tahun lalu masih 70 persen nasabah captive. Namun di triwulan I/2023 ini sudah mulai ke angka 60:40. Harapannya sih bisa 50:50 antara yang captive dan retail,” kata Direktur Utama PertaLife Insurance, Hanindio W. Hadi saat memberikan literasi ke mahasiswa di Auditorium Pascasarjana ITS, Surabaya, Senin(29/5/2023).

Untuk meningkatkan penetrasi di segmen retail, Perta Life telah meluncurkan aplikasi PLife. Selain pemasaran secara digital, Perta Life juga akan kembali mengaktifkan kerjasama dengan agen maupun broker asuransi.

Mengenai kegiatan hari ini, Hanindio mengatakan bahwa peningkatan literasi dan inklusi keuangan termasuk perencanaan dan penggunaan keuangan, perlu dikenalkan kepada mahasiswa. ”Mereka ini future leader yang akan memimpin suatu perusahaan sehingga perlu dikenalkan pada produk-produk keuangan termasuk asuransi,” ujarnya lagi.

Jika literasi keuangan masyarakat termasuk mahasiswa bertumbuh semakin baik, mahasiswa bisa mengetahui bagaimana mengelola uang yang baik, cara mengatur risiko keuangan dalam investasi, serta memahami penggunaan financial technology (fintech) agar terhindar dari pinjaman atau investasi legal yang saat ini marak terjadi.


Hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) tahun 2022 yang dilaksanakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menunjukkan indeks literasi keuangan masyarakat Indonesia sebesar 49,68 persen, naik dibanding tahun 2019 yang hanya 38,03 persen.

Sementara indeks inklusi keuangan tahun ini mencapai 85,10 persen meningkat dibanding periode SNLIK sebelumnya di tahun 2019 yaitu 76,19 persen. Hal tersebut menunjukkan gap antara tingkat literasi dan tingkat inklusi semakin menurun, dari 38,16 persen di tahun 2019 menjadi 35,42 persen di tahun 2022.

“Kegiatan seminar ini adalah komitmen PertaLife Insurance sebagai perusahaan asuransi jiwa yang telah  38 tahun eksis di perasuransian nasional untuk meningkatkan partisipasi aktif terhadap literasi asuransi di masyarakat Indonesia sebagaimana diwajibkan oleh Otoritas Jasa Keuangan kepada Pelaku Usaha Jasa Keuangan,” lanjut Hanindio.

Department Head Of Corporate Communication PertaLife Insurance, Ratih Triutami Wijayanti mengatakan, kegiatan PertaLife Goes To Campus yang  merupakan rangkaian dari kegiatan menjelang 38 tahun PertaLife insurance yang jatuh pada 28 Juni 2023. Kegiatan serupa diselenggarakan di beberapa kota seperti Dumai, Medan, Semarang dan Cilacap.(dan)

Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

Visual Radio

Add New Playlist