Surabaya, MercuryFM – Beragam kampanye dari banyak pihak untuk mengurangi sampah plastik dan sejenisnya, membuat kepedulian terhadap lingkungan di kalangan masyarakat semakin meningkat. Selain kebersihan, produk-produk ramah lingkungan juga semakin diminati.
Produsen elektronik Sharp tidak ketinggalan. Melalui pameran Sharp Eco-Bition yang digelar di beberapa kota, Sharp menghadirkan menghadirkan produk-produk dengan inovasi dan teknologi baru berkualitas, serta mengusung konsep ramah lingkungan.
Brand Strategy Group Sharp Indonesia, Dimas Rizki, mengatakan Sharp Eco-Bition merupakan rangkaian acara perayaan Hari Jadi Sharp Corporation yang ke 110 tahun. Mengusung konsep ramah lingkungan, tema Sharp Eco-Bition mewakili citra bisnis Sharp yang peduli pada bidang Lingkungan, Sosial dan Tata kelola [Environment, Social & Governance (ESG)]
”Surabaya adalah kota keempat penyelenggaraan Sharp Eco-Bition setelah sebelumnya diselenggarakan di Medan, Bandung dan Jakarta sejak November 2022 lalu. Di Surabaya, Sharp Eco-Bition digelar mulai 22 hingga 26 Februari 2023 di Pakuwon Mall Surabaya,” kata Dimas, Rabu (22/2/2023) di lokasi setempat.
Dimas menjelaskan, Sharp memiliki beberapa produk ramah lingkungan yang menjadi andalan. Di antaranya adalah AC yang memiliki fitur aman dan tidak mengganggu lapisan ozon. Kemudian ada pula kulkas dan mesin cuci yang menggunakan material ramah lingkungan.
”Kami juga ada rice cooker dan blender yang hemat listrik,” ujarnya.
Produk-produk ramah lingkungan ini, menurut Dimas, sangat diminati konsumen. Pada pameran di Surabaya ini Sharp menargetkan bisa meraih angka penjualan sebesar Rp2 miliar.
Di Kota Surabaya, Sharp menggandeng Hartono sebagai official dealer. Marketing Division Head Hartono Elektronik, Mirna Fajar Ambarsari mengatakan, penjualan produk-produk yang mendukung gaya hidup sehat saat ini terus meningkat.
Ia mencontohkan, sejak pandemi lalu penjualan air purifier terus meningkat. Saat ini, air fryer yang memungkinkan penggunanya memasak tanpa minyak juga semakin diminati.
”Apalagi sekarang semakin banyak air fryer yang low watt,” tutur Mirna.
Melalui siaran persnya, Presiden Direktur, PT. Sharp Electronics Indonesia, Shinji Teraoka mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu kontribusi Sharp untuk Indonesia.
”Kami percaya kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan hari ini, akan menjadi penentu bagi kondisi alam di masa depan. Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga bumi, salah satunya adalah menggunakan produk-produk ramah lingkungan,” kata Shinji Teraoka.
Kepala Cabang PT. Sharp Electronics Indonesia Surabaya, Henry Santoso menambahkan, di Sharp Eco-Bition ini pihaknya memiliki berbagai promo.
Sedangkan untuk kegiatan, kata Henry, di hari pertama, Sharp Eco-Bition akan menggelar cooking demo bersama Chef Olivia Tommy, yang akan mendemokan resep menu Healthy Crispy Chicken dan Lava Cake dengan menggunakan produk Sharp seperti Rice Cooker, Air Fryer, Microwave dan Blender. Untuk memeriahkan acara, Chef Olivia akan memilih 10 orang peserta cooking demo untuk mengikuti platting competition.
“Kegiatan cooking demo ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan kaum wanita dalam memaksimalkan penggunaan produk-produk Small Home Appliances (SHA) Sharp,” ungkap Henry.
Sebagai salah satu agenda kegiatan, Sharp pun menggaungkan pesan pelestarian lingkungan dengan mengajak masyarakat untuk lebih peduli lingkungan. Konsumen diajak untuk mengumpulkan limbah plastik, kertas, kaleng atau botol kaca yang ada di rumah untuk dibawa ke lokasi acara dan ditukarkan dengan tas eco bag dari Sharp. (dan)