Surabaya, MercuryFM – General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur, Adi Priyanto, tampil sebagai salah satu pembicara bersama Lanny Juniarti, Founder and President Director Miracle Aesthetic Clinic Group, dalam acara Marketeers iClub yang dilaksanakan pada Jumat malam (25/6/2021) secara daring. Mengusung tema “Unifying The Corporation : Converging Dichotomies within Organization”, kegiatan ini mencoba memaparkan bagaimana PLN dan perusahaan lainnya menyatukan seluruh elemen yang ada di perusahaan, menghilangkan sekat yang ada untuk berkolaborasi melakukan berbagai upaya agar dapat terus bertahan dan maju di tengah masa pandemi.
“Tidak dapat dipungkiri, di masa pandemi ini PLN sebagai salah satu BUMN besar pun harus survive. Di tahun 2020, PLN UID Jawa Timur sempat mengalami penurunan angka pertumbuhan yakni berada di angka 1,67%. Namun di tahun 2021, hingga bulan Mei lalu, pertumbuhan tercatat berada di angka 3,26%. Hal ini dapat terjadi karena PLN bertransformasi dan melakukan berbagai inovasi untuk menjawab tantangan pelanggan” papar Adi dalam keterangan resminya, Selasa (29/6/2021).
Seperti yang dijelaskan oleh Adi Priyanto, PLN telah melakukan perubahan besar dalam tata kelola perusahaan, melakukan apa yang disebut unifying the corporation agar seluruh elemen dapat berkolaborasi dengan baik mewujudkan transformasi PLN untuk mencapai visi dan misi perusahaan serta menjawab tantangan perubahan jaman. Dalam transformasinya, arah perubahan PLN berpegang pada empat (4) pilar aspirasi yakni Green, Lean, Innovative dan Customer Focus.
Dari kolaborasi dan transformasi tersebut, PLN menghadirkan berbagai macam program dan inovasi. PLN Mobile, hadir sebagai inovasi dari PLN untuk memberikan kemudahan akses layanan kelistrikan bagi pelanggan yang praktis, nyaman, cepat dan tepat dalam satu genggaman. Menyediakan berbagai fitur mulai dari pembelian token, pembayaran tagihan listrik, pengaduan gangguan & keluhan, layanan ubah daya dan pasang baru, catat meter mandiri, monitoring penggunaan listrik, notifikasi tagihan listrik hingga layanan instalasi listrik juga internet melalui ListriQu dan Iconnet, aplikasi ini telah diunduh sebanyak 7,7 juta kali dimana diantaranya terdapat 1 juta pengunduh dari Jawa Timur. Inovasi lain hadir dalam bentuk program-program menarik bagi pelanggan seperti Super Electrilife, Super Hemat UMKM, Super Green Lifestyle, Akuisisi Captive Power, Electrifying Agriculture hingga Electrifying Lisfestyle.
“Kunci dari berhasilnya transformasi adalah meningkatkan kolaborasi dari berbagai sisi, saling mendukung, menggabungkan seluruh konsep dan mempersiapkan segala kebutuhannya hingga menjadi satu paket program lengkap” tutup Adi di penghujung acara Marketeers iClub.
Dalam kesempatan ini, PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur memperoleh penghargaan sebagai Entrepreneurial Marketing Apreciations of The Month dari MiClub atas terobosan dan keberhasilannya dalam menjaga keberlangsungan perusahaan melalui unifying the corporation, sejalan dengan tema yang diusung oleh MiClub. (dan)