Surabaya, MercuryFM – Guna lebih memberikan kemudahan masyarakat untuk bisa menikmati kebutuhan listriknya, Perusahaan Listrik Negara (PLN) meluncurkan pengembangan aplikasi PLN Mobile yang dilengkapi dengan layanan fitur pasang baru. Untuk tahapan pertama, fitur pasang baru ini tersedia di Jawa timur.
Menurut Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, Bob Saril, pihaknya akan terus berkomitmen melakukan pengembangan PLN Mobile.
“Hari ini kami secara resmi meluncurkan fitur pasang baru,” kata Bob Saril ketika ditemui di Surabaya, Senin (12/4/2021).
Seiring dengan peluncuran fitur baru itu, PLN Mobile kini memiliki keunggulan user friendly (tampilan lebih fresh dan kekinian), kepastian produk layanan produk pascabayar dan prabayar pasti sesuai ketersediaan di unit PLN. Termasuk tentang kebutuhan data dengan pilihan data sambungan mulai daya 450 VA sd 197 kVA, layanan satu pintu, hingga sambungan rumah tangga subsidi.
Melalui fitur ini, pelanggan dapat langsung mengajukan permohonan sambungan baru dan mengecek secara berkala status permohonannya.
Pengembangan fitur baru ini diresmikan melalui go-live di Kantor PLN UP3 Surabaya Selatan oleh Bob Saril. Menurutnya, fitur baru itu merupakan platform digital unggulan untuk memenuhi semua kebutuhan pelanggan, PLN Mobile memberikan kemudahan serta pengalaman layanan listrik yang berbeda.
Sementara, cara melakukan pasang baru via PLN Mobile bisa dilakukan dengan cara pilih menu layanan listrik, pilih fitur pasang baru, konfirmasi titik lokasi. Selanjutnya pelanggan harus melengkapi form dan submit.
Untuk melakukan pengecekan status permohonan, masyarakat harus pilih menu layanan listrik, pilih tombol riwayat di pojok kanan atas. Selanjutya mengisi list permohonan dan klik untuk melihat detail. Dengan adanya fitur baru ini, PLN Mobile kini memiliki lima fitur yakni pembelian token & pembayaran tagihan, ubah daya, catat meter, pengaduan gangguan & keluhan, pasang baru. Termasuk 5 sub fitur yang terdiri dari monitor pemakaian paskabayar, monitor pembelian token, notifikasi tagihan, informasi progres penyelesaian gangguan, notifikasi padam & pemeliharaan.
PLN Mobile juga hadir dengan kemudahan transaksi untuk pembayaran tagihan dan pembelian token listrik yang bekerja sama dengan beberapa Bank dan Fintech. Tak hanya itu, kata dia, pengguna PLN Mobile juga bisa mendapatkan update informasi kelistrikan terkini secara gratis.
Jawa Timur sendiri menjadi wilayah yang pertama roll-out layanan ini, secara bertahap hingga Juni 2021 seluruh Jawa dan Bali sudah dapat menikmati layanan ini. “Kami berharap layanan ini dapat juga dinikmati di seluruh Indonesia,” ujar Bob.
Sejak dapat diunduh melalui Playstore dan Appstore, pengguna New PLN Mobile hingga 11 April 2021 tercatat sebanyak 5 juta Sedangkan di Jawa Timur mencapai 439.759 pengguna.
Pada kesempatan yang sama, General Manager, PLN UID Jawa Timur, Adi Priyanto menyatakan, bahwa PLN Mobile mengintegrasikan layanan PLN menjadi lebih efektif dan cepat.
“Dengan adanya fitur pasang baru ini, petugas Pelayanan Penyambungan (Yanbung) akan menerima order melalui aplikasi PLN Mobile dan dengan sigap datang ke rumah pelanggan untuk melakukan penyambungan one day service,” pungkasnya. (dani)